Ads 720 x 90

Fiksioner Free Blogger Theme Download

Harga Membran RO Di Medan | PROSES TAHAPAN PADA SISTEM PENGOLAHAN AIR MENGGUNAKAN TEKNOLOGI REVERSE OSMOSIS (RO)

Harga Membran RO Di Medan | PROSES TAHAPAN PADA SISTEM PENGOLAHAN AIR MENGGUNAKAN TEKNOLOGI REVERSE OSMOSIS (RO)


Air minum yang diproduksi oleh RO (Reverse Osmosis) merupakan air murni dan sehat sehingga tidak perlu dimasak lagi. Air yang bersih dan sehat jelas akan memperbaiki system kekebalan tubuh kita karena di dalamnya tidak ada lagi zat-zat yang berbahaya termasuk virus atau bakteri.

Dengan air murni dan sehat ini, tubuh kita dapat mengalirkan darah dengan lancar dan mengedarkan sari-sari makanan sekaligus membuang zat-zat yang tidak berguna dan membuangnya lewat kulit dan ginjal, sehingga mesin ini disebut "GINJAL" ketiga yang ada di luar kulit tubuh kita, mengingat cara kerjanya yang hampir sama. Dari depan ada 3 filter penyaringan secara melintang yaitu filter berwarna putih yang merupakan penyaringan air dalam 3 tahap pertama sebelum diproses pada tahap selanjutnya. Mesin RO (Reverse Osmosis) ini mengolah air dalam 5 tahapan proses, yaitu:

#Sediment Filter 
Pada tahap pertama, menyaring air langsung dari kran air PAM/PDAM/sumur atas partikel-partikel seperti debu, pasir, rambut, lumut, atau endapan lainnya. Pada umumnya masa/umur dari filter ini adalah 6-12 bulan bergantung pada kondisi kekeruhan air yang akan disaring.

#Carbon Active Filter 
Tahap kedua, yaitu menyaring air sebagai kelanjutan tahap pertama untuk membuang zat-zat kimia yang ada di dalam air seperti detergent, kaporit/klorin, Trikloromentana, dan sebagainya. 

#Carbon Block Filter
Tahap ketiga, adalah menyaring air sebagai kelanjutan tahap kedua untuk membuang zat-zat kimia dan racun yang ada di dalam air secara lebih intensif seperti kaporit/klorin, detergen, Trikloromentana, dan sebagainya. Jika air PAM/PDAM/sumur yang akan disaring cukup keruh diatas 300 ppm, maka disarankan menggunakan filter tambahan atau disebut pre filter yang dipasang sebelum masuk ke Mesin RO (Reverse Osmosis) ini. Dengan demikian air yang masuk akan lebih bersih sehingga membran/membrane pada tahap keempat akan lebih awet.

#Membran Semi Permeable (Tabung Melintang)
Dan Tahap keempat ini berbeda dengan tahap-tahap sebelumnya, yaitu memiliki 2 (dua) saluran keluar yaitu saluran air murni dan saluran air bersih. Tidak semua partikel-partikel di dalam air bersih dapat melewati membran/membrane yang pori-porinya sangat kecil yaitu sebesar 0,0001 micron atau sebesar rambut dibagi sejuta sehingga diperlukan tekanan dari pompa booster. Akhirnya hanya air murni yang dapat keluar dari membran/membrane tersebut. Saluran air bersih yang dibuang tidak boleh tersumbat karena menimbulkan tekanan yang sangat besar pada membran/membrane. Jika diteruskan, maka membran/membrane akan mengalami kerusakan. Air bersih yang dibuang umumnya lebih banyak dari air murni. Pada umumnya umur membran/membrane adalah 2-6 tahun bergantung pada penggunaan dan kondisi air. Air bersih yang dibuang secara visual tetap bersih dan bening, namun PPM (partikel per micron) cukup tinggi (misalnya 250), sedangkan air murni akan mempunyai PPM maksimal 20.

#Post carbon filter (Tabung melintang dekat membran/membrane)
Tahap terakhir (kelima) berfungsi untuk menghilangkan rasa dan bau serta menghambat pertumbuhan mikro-organisme di dalam air yang dihasilkan Mesin RO (Reverse Osmosis) ini.

Semoga artikel ini bermanfaat.

Bukan itu saja, kami juga menjual produk-produk terkait lainnya. Silakan KLIK link ini!

Ingin lebih rinci lagi tentang Membran RO (Reverse Osmosis)? Silakan KLIK link ini!

Untuk pertanyaan atau pemesanan, silakan KLIK link ini!

Related Posts

Subscribe Our Newsletter